• Home
  • Berita
Cara Menabung yang Efektif, Konsisten, dan Bikin Untung
Cara Menabung yang Efektif, Konsisten, dan Bikin Untung





 by Albin Sayyid

Wejangan tentang menabung, seperti “Hemat pangkal kaya” atau “Sedikit-sedikit lama jadi bukit” sering kita dengar. Tapi ternyata, menabung ternyata gak semudah yang dibayangkan. Banyak orang masih kesulitan untuk menerapkan cara menabung yang efektif.

Selain itu, karena masih ada beragam kebutuhan yang perlu dipenuhi. Belum lagi ditambah godaan yang beragam, mulai dari belanja online, jajan kekinian, hingga liburan. Ujung-ujungnya, niat menabung hanya jadi angan-angan.

Berikut ini ada beberapa alasan tentang betapa pentingnya menabung, dan cara menabung yang efektif agar bisa konsisten dalam menabung, serta membangun dana darurat. Simak terus!

Alasan mengapa menabung itu penting

1. Memberimu ketenangan dan mengurangi stres, karena kamu sudah siap dan gak perlu bingung berutang.

2. Untuk menyiapkan masa depan, seperti untuk biaya menikah, biaya sekolah anak, hingga dana pensiun.

3. Untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang mendesak dan darurat, seperti sakit, terkena PHK, renovasi, servis kendaraan, dan sebagainya.

4. Mendapatkan keuntungan dari bunga, agar uangmu yang terkumpul tersebut bisa makin berkembang di masa depan.

5. Untuk mencapai tujuan keuangan, karena menabung ibarat kendaraan yang akan membawamu berjalan mewujudkan berbagai tujuan keuangan di masa depan. 

6. Untuk mengumpulkan kekayaan

Sudah bekerja keras mencari nafkah, tujuan utama menabung juga untuk mengumpulkan harta kekayaan dari penghasilan yang didapatkan.

Di mana instrumen yang tepat sebagai tempat menabung?

Setidaknya ada tiga instrumen yang biasa digunakan sebagai tempat menabung, yaitu:

1. Rekening tabungan

2. Tabungan berjangka

3. Deposito

Cara menabung yang efektif dan konsisten

1. Buatlah detail rincian kondisi keuangan

 

Kamu bisa membuat detail pemasukan, pengeluaran rutin, dan alokasi untuk tabungan, investasi, atau asuransi. Dengan begitu, kamu jadi tahu berapa jumlah ideal uang yang bisa ditabung

2. Cek pengeluaran lain yang bisa ditekan

Kerap ditemui pengeluaran kecil-kecil yang bikin ‘bocor halus’. Nah, pengeluaran yang seperti ini bisa dicoba untuk ditekan. 

3. Berkomitmen dalam menabung

Tetap berkomitmen untuk tidak mengutak-atik dan mengambil uang tabungan. Selalu ingat apa tujuanmu menabung. Jangan mudah tergoda!

4. Gunakan aplikasi budgeting

Sekarang sudah banyak aplikasi pencatatan keuangan yang bisa bantu kamu mengalokasikan uangmu ke beberapa pos anggaran tertentu, termasuk untuk tabungan. 

5. Simpan uang tabungan otomatis

Kamu bisa menyimpan uang secara otomatis ke rekening tabunganmu melalui metode autodebit, agar kamu bisa lebih disiplin dan konsisten dalam menabung. 

Cara mengumpulkan dana darurat dengan cepat

Dana darurat dalam keuangan pribadi berfungsi sebagai fondasi. Karena tanpa fondasi keuangan yang kokoh, maka keuangan pribadimu jadi mudah goyah dan roboh. 

Dana darurat ideal bagi kamu yang masih lajang adalah sebesar 3-6 kali pengeluaran bulanan. Sedangkan untuk yang sudah menikah dan punya anak adalah sebesar 9-12 kali pengeluaran bulanan.

Gimana cara mengumpulkannya dengan cepat?

1. Cobalah untuk menyisihkan di awal bukan menyisakan uang agar jumlahnya bisa maksimal.

2. Gunakan fitur autodebit, biar kamu makin disiplin dan gak repot-repot menyisihkannya setiap bulan.

3. Pisahkan rekening dana darurat dengan rekening lainnya agar tidak tercampur dan terpakai untuk kebutuhan lain.

4. Jangan tergoda untuk mengambilnya. Gunakan sesuai tujuannya, yaitu ketika keadaan mendesak dan darurat saja. 

Menabung itu ibarat lari maraton, perlu proses yang panjang dan tidak bisa instan. Baru terlihat manfaatnya di masa depan. 

Gimana, udah tahu cara menabung yang efektif, kan? Sangat penting bagi setiap orang untuk tahu berbagai tips dan ilmu mengenai keuangan agar kamu bisa makin cuan di masa depan. 

Kamu bisa belajar tentang ilmu keuangan dengan mudah lewat artikel di Neo Daily dan Neo Wealth, dan juga mendengarkan podcast “Kalau Uang Bisa Ngomong” dari Bank Neo Commerce di Spotify dan YouTube!

***

PT Bank Neo Commerce Tbk berizin dan diawasi oleh OJK dan merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Download aplikasi neobank di Google Play Store dan App Store sekarang!

 

 

 

 

Tunggu apa lagi?

Yuk, cobain pakai neobank sekarang!