• Home
  • News
5 Strategi Menabung Uang yang Mudah Dilakukan
5 Strategi Menabung Uang yang Mudah Dilakukan





Sejak kecil, sebenarnya kita sudah tahu strategi menabung uang yang klasik lewat beberapa peribahasa, “Sedikit-sedikit lama jadi bukit”, atau “Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya”.

Meski terdengar mudah dan sederhana, namun faktanya masih banyak orang menganggap bahwa menabung uang itu sulit. Jika tahu strateginya, sebenarnya menabung itu mudah. 

Berbekal strategi menabung ini, kamu tetap bisa menyisihkan sedikit demi sedikit uangmu untuk ditabung, bahkan meski saat ini gajimu masih ngepas atau sebatas UMR saja. Gimana caranya?

1. Buatlah detail rincian kondisi keuangan

Strategi menabung yang pertama, adalah kamu bisa membuat detail pemasukan, pengeluaran rutin, dan alokasi untuk tabungan, investasi, atau asuransi. Dengan begitu, kamu jadi tahu berapa jumlah ideal uang yang bisa ditabung

Misalnya, gaji kamu setiap bulan adalah Rp5 juta. Alokasikan paling sedikitnya Rp1 juta untuk tabungan, investasi, atau asuransi.

Lebih besar jumlahnya maka lebih baik, asal tidak kurang dari angka tersebut. Kebutuhan sehari-hari juga pastikan telah tercukupi dengan baik pula.

2. Cek pengeluaran lain yang bisa ditekan

Jika masih merasa jumlah ideal tabungan belum bisa tercukupi dengan baik, bisa jadi ada pos-pos keuangan lain yang bisa diotak-atik seperti pengeluaran.

Kerap ditemui pengeluaran kecil-kecil yang bikin ‘bocor halus’. Nah, pengeluaran yang seperti ini bisa dicoba untuk ditekan.

Melanjutkan contoh di atas, ketika gaji kamu Rp5 juta dan sebelumnya memiliki anggaran untuk main (nongkrong, jajan, checkout belanjaan, dll) sebesar Rp1 juta, mungkin kamu bisa berkorban untuk menguranginya hingga Rp500 ribu.

Dengan begitu kamu bisa mengalokasikan Rp1,5 juta untuk tabungan dan investasi. Tabungan jadi cepat tercapai!

3. Strategi menabung yang juga penting, yaitu berkomitmen dalam menabung

Tetap berkomitmen untuk tidak mengutak-atik angka dalam anggaran tersebut adalah strategi menabung yang bisa kamu lakukan.

 

Masih dengan contoh yang sama, berusahalah untuk mengalokasikan Rp1,5 juta untuk tabungan, investasi, dan asuransi. Jangan kendor, dan jangan mencoba untuk mengambilnya untuk hal lain.

Jika kamu berhasil melakukannya, dalam setahun kamu bisa mencapai angka Rp18 juta, kalau kamu bisa berkomitmen menabung lebih banyak hingga Rp2 juta, maka tabunganmu dalam setahun mencapai Rp24 juta. Mantap!

4. Gunakan aplikasi pencatat keuangan

Sekarang sudah banyak aplikasi pencatatan keuangan atau budgeting yang bisa membantu kamu mengalokasikan uangmu ke beberapa pos anggaran tertentu, termasuk tabungan. Aplikasi ini biasanya tersambung dengan rekening kamu. 

Sehingga ketika kamu menerima gaji atau ada dana yang masuk, kamu bisa langsung mengelolanya untuk mengalihkannya ke pos tabungan.

Seperti fitur Neo Jurnal di aplikasi neobank yang mampu bantu kamu mencatat segala pemasukan dan pengeluaran dengan mudah dan menyenangkan, langsung dalam satu aplikasi saja!

5. Simpan uang tabungan otomatis

Kemudian kamu bisa menyimpan uang secara otomatis ke rekening tabunganmu melalui metode autodebit, agar kRasa mager untuk menabung kerap kali muncul.

Oleh karena itu, kamu bisa menyimpan uang secara otomatis ke rekening tabunganmu melalui metode autodebit, agar kamu bisa lebih disiplin dan konsisten dalam menabung.

Gak ada alasan lagi untuk mager, karena uangmu terpotong otomatis masuk ke tabungan.

6. Jangan mudah tergoda, agar strategi menabung untung berjalan dengan baik

Dalam menjalankan “misi” menabung, selalu ingat apa tujuanmu menabung agar tidak mudah tergoda mengambil uang dalam rekening tabungan. Sekali tergoda, kamu akan terus-terusan melakukannya.

Jadi, biarkan dana di rekening tabungan agar strategi menabung berjalan dengan baik. Jangan diutak-atik! 

***

Info lengkap serta syarat & ketentuan mengenai tabungan di neobank, kunjungi https://bit.ly/neotabungandeposito

PT Bank Neo Commerce Tbk berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

 

 

 

 

What are you waiting for?

Let's try neobank now!