Dalam seni mengelola keuangan, hal mendasar yang penting dilakukan adalah pencatatan. Kegiatan ini memang terlihat sepele. Tapi sebenarnya pencatatan merupakan pondasi dari seluruh kegiatan keuangan. Kita bisa mengetahui kondisi keuangan melalui catatan tersebut. Berapa uang yang kita dapat? Berapa yang kita habiskan dalam suatu waktu? Sampai berapa sisa uang yang kita punya?
Dari informasi yang tertera dalam catatan tersebut kita pun bisa melihat permasalahan yang dihadapi seperti pengeluaran lebih banyak dari pemasukan, terlalu boros, dan lain sebagainya. Lalu, kita dapat menganalisa masalah tersebut sebelum mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya. Untuk melakukan semua itu, kita butuh catatan keuangan yang benar.
Pentingnya Melakukan Pencatatan Keuangan
Dalam mengelola keuangan, kamu nggak cuma harus memikirkan penghasilan dan pengeluaran. Hal ini akan membuat uang kamu seakan lenyap tanpa jejak. Rasanya seperti kamu nggak menikmati jerih payah. Karena setelah mendapatkan uang, kamu akan menggunakannya begitu saja.
Lain cerita kalau kamu melakukan pencatatan keuangan. Semua pemasukan dan pengeluaran kamu bisa dilihat dalam catatan tersebut. Catatan keuangan juga sangat penting digunakan dalam bisnis. Biasanya disebut dengan jurnal pengeluaran kas. Fungsinya tetap sama yaitu sebagai rekam jejak keuangan. Namun skalanya lebih besar dan cukup rumit. Jurnal pengeluaran kas digunakan untuk mencatat harta, pemasukan, pengeluaran, utang, dan lain sebagainya.
Keuntungan Melakukan Pencatatan Keuangan
Adanya catatan keuangan bulanan atau harian menjadi penting karena beberapa hal berikut ini:
1. Catatan keuangan berfungsi sebagai rekam jejak finansial yang berisi darimana saja sumber penghasilanmu dan kemana uang tersebut dihabiskan
2. Dari catatan tersebut, kamu bisa melakukan evaluasi keuangan berdasarkan catatan keuangan
3. Masalah keuangan lebih mudah ditemukan
4. Dengan begitu kamu akan bisa mencari solusinya secara lebih cepat dan tepat
5. Secara jangka panjang, catatan keuangan juga bermanfaat untuk meminimalisir risiko finansial yang akan datang
Cara Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan
Kita bisa mulai mencatat manual di buku catatan khusus, mengetik di file excel, atau notes di ponsel masing-masing. Namun, ada cara yang lebih praktis yaitu mencatat melalui aplikasi keuangan sederhana. Terdapat banyak aplikasi keuangan gratis di app store atau Apple Store. Kelebihan menggunakan aplikasi untuk mencatat keuangan di antaranya adalah lebih mudah, cepat, dan menyenangkan karena adanya tampilan grafis yang menarik.
Catatan Keuangan Manual
Simak cara mencatat pengeluaran dan pemasukan sederhana secara manual berikut ini:
1. Siapkan buku khusus untuk pencatatan keuangan
2. Buat tabel dengan beberapa kolom untuk informasi pemasukan, nominal, informasi pengeluaran, nominal, dan jumlah keseluruhan
3. Simpan bukti pembayaran atau pemasukan supaya kamu nggak lupa memasukkan berapa nominalnya
4. Tulis setiap pemasukan dan pengeluaran dalam buku tersebut
5. Pada akhir bulan atau periode tertentu hitung jumlah keseluruhan
Contoh Catatan Pengeluaran Harian
NO | PEMASUKAN | JUMLAH |
1 | Gaji bulanan | Rp4.000.000 |
Total | Rp4.000.000 |
NO | PENGELUARAN | JUMLAH |
1 | Belanja bulanan | Rp500.000 |
2 | Bayar kos | Rp800.000 |
3 | Listrik dan internet | Rp400.000 |
4 | Transportasi | Rp500.000 |
5 | Skincare | Rp100.000 |
6 | Jajan | Rp200.000 |
7 | Tabungan | Rp300.000 |
8 | Kirim ke orang tua | Rp1.000.000 |
Total |
Rp3.800.000 |
REKAPITULASI | |
PENGHASILAN | 4.000.000 |
PENGELUARAN | 3.800.000 |
200.000 |
Sisa uang bulan September | 200.000 |
Kamu bisa membuat catatan keuangan dengan lebih kreatif dan personal. Sehingga setiap harinya kamu jadi lebih termotivasi untuk melakukan pencatatan.
Catatan Keuangan Online
Di era digital ini, kamu sudah bisa mencatat pengeluaran dan pemasukan secara online lewat smartphone. Berbagai aplikasi pencatat pengeluaran telah hadir untuk memenuhi kebutuhan finansial. Caranya pun lebih praktis. Kamu nggak perlu selalu membawa buku keuangan atau lupa nominal pengeluaran.
Dengan aplikasi catat pengeluaran, kamu bisa langsung mencatat sehabis melakukan transaksi. Perhitungannya pun dilakukan secara otomatis. Kamu nggak perlu lagi menghitung manual menggunakan kalkulator.
Aplikasi untuk Mencatat Keuangan
Bank Neo Commerce melalui aplikasi neobank menjadi salah satu aplikasi pencatat keuangan harian hingga bulanan yang kamu gunakan. Aplikasi ini nggak cuma menawarkan produk tabungan, deposito, atau investasi.
Melalui fitur Neo Jurnal, kamu bisa gunakan untuk mencatat semua pengeluaran dan pemasukan secara detail. Mengatur keuangan bisa jadi lebih gampang. Sebagai nasabah neobank, kamu nggak perlu melakukan pencatatan manual atau download aplikasi pengatur keuangan lainnya. Semuanya bisa dilakukan dalam 1 aplikasi.
Cara pakainya sangat mudah. Kamu hanya perlu memasukkan angka di kolom pemasukan atau pengeluaran. Secara otomatis, data kamu akan tersimpan dan terhitung oleh sistem.
Dengan Neo Jurnal, keuangan kamu jadi lebih terpantau. Pengeluaran dan pemasukan pun lebih transparan. Soalnya ada catatan mengenai jumlah, waktu, hingga tujuan pengeluaran. Kamu juga dapat mengatur target bulanan untuk mengontrol pengeluaranmu. Seluruh data keuangan kamu akan terjadi dalam visual yang atraktif.
Dengan cara membuat catatan keuangan sederhana di atas, kegiatan mengumpulkan uang akan lebih praktis, efisien, dan menyenangkan. Tertarik buat coba? Yuk, langsung download aplikasi neobank!
Yuk, download aplikasi neobank di PlayStore dan App Store sekarang juga!