
Kehadiran bank digital tentunya memudahkan berbagai urusan serta menghadirkan layanan digital untuk berbagai keperluan. Semua layanan, mulai dari pembukaan rekening, deposito, transfer dan sebagainya dilakukan melalui aplikasi.
Di Indonesia sendiri, perkembangan dunia perbankan juga makin baik, terutama dalam layanan perbankan digital. Dunia layanan perbankan digital Indonesia kini diramaikan dengan kehadiran Bank Neo Commerce atau neobank.
Apakah neobank aman? Selain berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), neobank juga sudah berpengalaman di dunia perbankan Indonesia. Yuk, kenal lebih dekat dengan Bank Neo Commerce atau neobank.
Perjalanan Bank Neo Commerce (neobank)
Pada tahun 1990, PT Bank Yudha Bhakti didirikan. Awalnya, PT Bank Yudha Bhakti digagas karena adanya PAKTO 27/1988 dan diinisiasi oleh Dephankam, Perum ASABRI, Pepabri, serta para pengembang. Berdirinya PT Bank Yudha Bhakti sesuai dengan Persetujuan Prinsip dari Menteri Keuangan pada tanggal 14 Agustus 1989. Lalu Bank Yudha Bhakti aktif beroperasi melayani nasabah pada tanggal 9 Januari 1990.
Delapan tahun kemudian, Bank Yudha Bhakti mendapat Gelar Klasifikasi "A". Meskipun mulanya dimiliki oleh Induk Koperasi dan Pusat Koperasi di lingkungan TNI/POLRI serta Dephankam. Namun, Bank Yudha Bhakti berhasil bertahan di tengah krisis moneter tahun 1997. Selain itu, Bank Yudha Bhakti juga berhasil mencetak kinerja positif. Maka dari itu, Bank Yudha Bhakti termasuk dalam Bank kategori “A”.
Setelah itu, Bank Yudha Bhakti melebarkan sayapnya dengan membangun kantor Cabang dan Cabang Pembantu di wilayah Jawa dan Sumatera. Pada tahun 2015, Bank Yudha Bhakti menjadi Perusahaan Terbuka dan masuk ke Bursa Efek Indonesia.
Empat tahun kemudian, melewati 30 tahun menjadi bank konvensional, Bank Yudha Bhakti memasuki bertransformasi bersama PT Akulaku Silvrr Indonesia sebagai pemegang saham baru lewat Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD)
Bank Yudha Bhakti telah mengalami transformasi menjadi Bank Neo Commerce, beralih dari lembaga perbankan tradisional menjadi bank dengan layanan digital yang menawarkan aplikasi neobank. Transformasi ini mencakup penyediaan beragam layanan keuangan berbasis teknologi yang melayani sektor komersial, konsumen, dan ritel dengan pertumbuhan tahunan yang signifikan.
Hingga kini, neobank memiliki lebih dari 20 juta pengguna. Bank ini semakin memantapkan posisinya sebagai bank pilihan masyarakat, terbukti dengan konsistennya pertumbuhan transaksi bulanan (MTU) sepanjang paruh pertama tahun 2023.
Selama periode ini, loyalitas nasabah semakin menguat, hal ini terlihat dari peningkatan jumlah nasabah yang memilih produk simpanan Neo WOW sebesar 4,5% dan peningkatan jumlah simpanan sebesar 20%. Pertumbuhan ini menggarisbawahi meningkatnya kepercayaan nasabah terhadap BNC, dengan tingkat retensi yang terus meningkat hingga sekitar 75%.
Teknologi dan Layanan neobank
Sebagai bank dengan layanan perbankan digital, neobank melengkapi performanya dengan kerja sama dengan berbagai penyedia layanan teknologi seperti Huawei, Sunline, dan Tencent Cloud. Sehingga memastikan menghadirkan layanan digital dengan keamanan maksimal.
Jika kamu masih bertanya apakah neobank aman? Kamu bisa berkunjung ke kantor kantor cabang di beberapa kota di Indonesia, yatu:
- Jakarta
a. Gedung Gozco lantai 1
Jl. Raya Pasar Minggu Kav.32
Jakarta Selatan
Telp: 021 2709450
b. Pantai Indah Kapuk
Jl. Marina Raya
Rukan Crown Golf Blok B No.61-62
Telp: 021 22338145
- Bandung
Jl. Lombok No.32
Telp: 021 2915500
- Semarang
Jl. Dr. Wahidin No.151
Kel. Kaliwiru, Kec. Candisari
Telp: 024 8417034
- Surabaya
Jl. Raya Darmo No.34
Kel. Dr. Sutomo, Kec. Tegalsari
Telp: 031 5613588
- Malang
Jl. Raden Inten No.74
Kel. Arjosari, Kec. Blimbin
Telp: 0341 4373222
- Medan
Jl. Brigadir Jenderal Katamso No.39-39A
Kampung Baru
Telp: 061 7875101, 7871979, 7871976
- Makassar
Jl. Karunrung No.1E
Telp: 0411 8944855
Kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang produk, layanan, maupun keluhan melalui customer care, di bawah ini:
- Email: customercare@bankneo.co.id
- Telepon Pusat Bantuan Bank Neo Commerce: 021-1500-190
- Facebook: https://www.facebook.com/bankneocommerce
- Instagram: https://www.instagram.com/bankneocommerce/
- Twitter: https://twitter.com/bankneocommerce
- YouTube: https://www.youtube.com/channel/UCg299vJCx1tqEv4vMoMIv3g
- LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/pt-bank-neo-commerce-tbk
- TikTok: https://www.tiktok.com/@bankneocommerce
Sementara kantor Bank Neo Commerce atau neobank beralamat di Treasury Tower Lt. 60 Kawasan District 8, Lot 28, Jl. Jend. Sudirman kav 52-53. Namun, kantor utama tidak melayani nasabah. Kamu bisa mengunjungi kantor cabang atau hubungi layanan pelanggan untuk info lebih lanjut tentang neobank.
Produk neobank
- Tabungan NOW
- Tabungan WOW
- Neo Pinjam
- Neo Bisnis
- Neo Wish
- Neo Emas
- Tagihan & Isi Ulang
- QRIS
- Virtual Account
- SocialFi
Pencapaian Bank Neo Commerce (neobank)
Bank Neo Commerce atau neobank telah mendapatkan pengakuan dari berbagai entitas, termasuk Forbes di ajang Forbes World’s Best Banks 2023, yang menempatkan neobank pada peringkat ke-9 dalam daftar Bank Terbaik Dunia pada April 2023. Selain itu, BNC juga mendapat penghargaan dalam ajang CNBC Indonesia Best Bank of the Year 2023 yang menyoroti pada kategori KBMI I.
Selain itu, inilah penghargaan lainnya yang berhasil diraih oleh neobank.
- The Best Issuer ATM Bersama oleh ATM Bersama tahun 2023
- Best Digital Finance for User-Friendly Appearance and Interesting Features in Banking Transaction KBMI 1 dari Warta Ekonomi tahun 2023
- Bank Teraktif dalam Kegiatan Literasi Keuangan kategori KBMI 1 oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) tahun 2023
- Kategori Digital Murni untuk Dimensi Customer oleh Investortrust tahun 2023
- Highest BI-FAST Member Transaction oleh ALTO Network tahun 2023
- Peringkat ke-3 Kategori Bank dengan Layanan Digital oleh Media Asuransi tahun 2023
Ditambah, pada tahun 2024 ini neobank mendapat apresiasi pada ajang 7th Infobank Satisfaction, Loyalty, and Engagement 2024 hasil survei Marketing Research Indonesia (MRI), untuk kategori sebagai berikut:
- Top Rank Digital Bank in Satisfaction
- Loyalty, & Engagement 2024
- The Best Digital Bank in Brand Interactivity
- The Best Digital Bank in Customer Loyalty
- The Strongest Customer Engagement Digital Bank
- The Best Digital Bank in Marketing Engagement
neobank juga meraih The 2nd Most Satisfying Digital Bank in Mobile Banking, The 3rd Best Digital Bank in Satisfaction Index, dan The 3rd Most Satisfying Digital Bank in Services di ajang yang sama.
Hingga saat ini, neobank tetap berkomitmen untuk meningkatkan penawarannya bagi individu, korporasi, dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), sehingga semakin memperkuat perannya sebagai bank dengan layanan perbankan digital terkemuka di Indonesia.
Yuk, download aplikasi neobank di PlayStore dan App Store sekarang!
***
PT Bank Neo Commerce Tbk berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).