• Home
  • News
Pahami Metode, Kelebihan, dan Harga Operasi Lasik 2024
Pahami Metode, Kelebihan, dan Harga Operasi Lasik 2024





Di era teknologi seperti sekarang, banyak orang yang mengalami gangguan penglihatan. Sebabnya bisa berbagai hal, mulai dari gaya hidup yang kurang baik. Mulai dari terlalu lama menatap layar HP atau laptop, membaca sambil tidur, jarang beraktivitas di luar ruangan dan lain sebagainya. 

 

Bahkan kini anak-anak sudah banyak yang menggunakan kacamata. Mata mereka tidak bisa melihat dengan jelas. Sehingga harus memakai alat bantu penglihatan. Orang dengan masalah penglihatan, mau tidak mau mengalami ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak. Jika tidak, maka mereka tidak bisa melihat dan mengganggu aktivitas. 

 

Namun, selain menggunakan alat bantu seperti kacamata atau kontak lensa, kini ada lasik yang bisa menyelesaikan permasalahan pada penglihatan. Yuk, kita bahas apa itu lasik dan berapa biaya operasi lasik yang dibutuhkan? 

 

Apa Itu Lasik?

 

Operasi lasik (Laser Assisted In Situ Keratomileusis) adalah tindakan medis menggunakan teknologi laser untuk meningkatkan penglihatan. Prosedur ini dapat memperbaiki masalah mata minus atau rabun jauh, rabun dekat atau mata plus, hingga mata silindris. Operasi lasik diakui atas keamanan dan kemanjurannya dalam keberhasilannya membuat penglihatan yang jelas dan lebih baik.

 

Biasanya operasi lasik tidak berlangsung lama, sekitar 20 menit tergantung kondisi mata pasien dan teknologi yang digunakan. Sudah banyak orang yang melakukan operasi lasik. Begitu juga dengan rumah sakit yang menawarkan prosedur ini dengan harga yang beragam. 

 

Kelebihan operasi lasik 

  • Prosedur operasi yang tidak terlalu menyakitkan 
  • Tidak perlu jahitan atau perban. 
  • Bisa menyembuhkan penurunan penglihatan yang muncul seiring berjalannya usia dan gaya hidup  
  • Meningkatkan kepercayaan diri karena tidak perlu menggunakan kacamata yang seringkali mengganggu penampilan 
  • Menghentikan ketergantungan terhadap alat bantu penglihatan 
  • Efek samping yang ditimbulkan cenderung kecil 

 

Baca juga: Pinjaman Tanpa Kartu Kredit Bank, Neo Pinjam Solusinya

 

Metode Operasi Lasik 

 

Saat kamu memilih untuk operasi lasik, pahami bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi biaya adalah metode yang digunakan. Awalnya, prosedur lasik menggunakan pendekatan tradisional yang bertujuan untuk memastikan keamanan dan efektivitas bagi pasien. Metode ini melibatkan pembuatan penutup kornea dengan pisau mikro konvensional, yang lebih cepat namun kurang akurat. Akibatnya, lasik yang dilakukan dengan metode tradisional ini cenderung lebih murah karena biaya peralatan yang lebih rendah.

 

Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi mengembangkan metode operasi lasik yang lebih canggih. Meskipun pendekatan ini membutuhkan biaya yang lebih tinggi karena penggunaan peralatan dan teknologi yang canggih, pendekatan ini menawarkan waktu pemulihan yang lebih cepat dan mengurangi kemungkinan mata kering pasca lasik.

 

1. FemtoLASIK

 

FemtoLASIK adalah jenis operasi lasik yang dirancang untuk mengoreksi atau memperparah miopia (rabun jauh) dan astigmatisma dengan menggunakan Laser Femtosecond pada lapisan kornea mata. 

 

Berbeda dengan prosedur lasik tradisional yang menggunakan pisau untuk membuat penutup pada permukaan kornea, Femto menggunakan Laser Femtosecond untuk pembuatan penutup dan laser excimer untuk memperbaiki kesalahan refraksi. 

 

Kombinasi ini meningkatkan presisi dan keamanan prosedur FemtoLASIK dibandingkan metode lama.

 

2. Trans-epiLASIK

 

Trans-epiLASIK adalah prosedur lasik canggih yang secara eksklusif menggunakan laser, yang melibatkan pendekatan satu langkah tanpa kontak fisik dengan instrumen bedah pada mata. Ini merupakan evolusi dari teknik epi-LASIK dan digunakan untuk mengoreksi berbagai masalah refraksi termasuk miopia, astigmatisme, hipermetropia, dan bahkan presbiopia.

 

Berbeda dengan prosedur lasik tradisional, Trans-epiLASIK tidak melibatkan pembuatan sayatan pada kornea. Metode ini menghindari komplikasi yang menyebabkan mata kering. Hal ini seringkali terjadi pada operasi lasik. 

 

Selain itu, Trans-epiLASIK menghilangkan kebutuhan untuk membuat flap kornea, sehingga mengurangi risiko seperti lepas atau berpindahnya flap, dan komplikasi terkait lainnya.

 

Syarat Operasi Lasik 

 

  • Usia 18 tahun ke atas
  • Mempunyai kondisi kesehatan mata yang baik
  • Dilarang menggunakan lensa kontak selama 14 hari 
  • Tidak dalam keadaan hamil dan menyusui
  • Bagi penderita penyakit kronis seperti autoimun harus mengkonsultasikan kondisi kesehatan terlebih dahulu dengan dokter 
  • Bebas dari penyakit mata seperti glaukoma, kelainan kornea, hingga mata merah

 

Baca juga: Tips Bijak Meminjam untuk Modal Menikah

 

Berapa Harga Operasi Lasik?

 

Harga operasi lasik dapat sangat bervariasi, karena setiap pusat kesehatan mata menetapkan tarif dan penawarannya sendiri-sendiri. Beberapa faktor dapat mempengaruhi biaya operasi lasik:

 

- Teknik atau metode lasik yang digunakan

- Tipe rumah sakit yang dituju 

- Kualitas pelayanan 

- Keahlian dan pengalaman dokter spesialis mata atau ahli bedah lasik

- Jenis paket layanan kamar yang dipilih

 

Untuk lebih jelasnya, kamu harus bertanya ke rumah sakit yang dipilih. Setiap rumah sakit punya standar harga layanan yang berbeda. Meskipun harga operasi lasik sama. 

 

Hindari memilih operasi lasik yang murah tanpa menyelidiki secara menyeluruh kredensial lokasi dan dokter yang merawat. Prosedur lasik bisa memakan biaya yang cukup besar, seringkali biayanya mencapai puluhan juta rupiah per mata.

 

Kamu harus menyiapkan biaya operasi lasik mulai dari 10.000.000 - 40.000.000 per satu mata. Operasi lasik dihitung per mata bukan sepasang. 

 

Biaya Lasik Mata BPJS Kesehatan 

 

Sayangnya, operasi lasik tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Sehingga kamu harus menyiapkan dana pribadi. BPJS Kesehatan hanya menanggung biaya kacamata untuk penderita rabun jauh atau dekat. 

 

Maka dari itu, jika kamu punya keinginan untuk melakukan operasi lasik, lakukan riset biaya di rumah sakit terdekat. Jika uangnya belum terkumpul, kamu bisa menabung terlebih dahulu. Kalau kamu ingin cepat operasi lasik, kamu boleh mencoba mengajukan pinjaman di neobank. 

 

Ajukan dana untuk operasi lasik di Neo Pinjam. Prosesnya mudah dan pencairannya pun cepat. Yuk, download aplikasi neobank di PlayStore dan App Store dan ajukan pinjaman di Neo Pinjam

 

***

PT Bank Neo Commerce Tbk berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

 

 

 

 

What are you waiting for?

Let's try neobank now!